Raja Ampat, InfoPublik – Ratusan Pegawai  Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Raja Ampat mengikuti pelatihan orientasi nilai dan etika yang berlangsung di Gedung Pari Convention Center, Kota Waisai, Senin (7/8/2023).

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE.,MP mengatakan P3K harus mampu mengaktualisasin nilai- nilai dasar ASN Berakhlak yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“PNS dan P3K juga adalah ASN itu jelas mengacu pada Undang- Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Di era modern seperti ini ASN dituntut memiliki kemampuan untuk dapat berkompetensi sehingga dapat meningkatkan kinerja sebagai pelayan masyarakat lewat nilai- nilai dasar ASN Berakhlak,” kata AFU begitu sapaan akrab Abdul Faris Umlati.

Lebih jauh AFU berharap P3K dengan kegiatan orientasi nilai dan etika tidak saja mampu berkompetensi dan berkopetisi namun juga yang sadar dan paham akan nilai dan fungsi dirinya dalam masyarakat.

“Bapak/ Ibu, saudara- saudara sekalian harus memiliki pemahaman tentang nilai dan fungsi dalam masyarakat apalagi sebagai tenaga kesehatan dan tenaga pengajar karena garda terdepan untuk kemajuan Raja Ampat adalah Kesehatan dan Pendidikan dimana Bapak/ Ibu, saudara- saudara mampu mencetak generasi sehat dan pintar,” ungkap AFU.

Kegiatan pelatihan orientasi nilai dan etika yang berlangsung mulai tanggal 7 Agustus 2023 sampai dengan 11 Agustus 2023 diikuti oleh 479 P3K Formasi Guru dan Medis.

Sementara pembukaannya dihadiri Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar Dr. Andi Taufik, M.Si, Kapolres Raja Ampat AKBP Edwin Parsaoran, S.I.K., M.I.K., Dandim 1805 Raja Ampat Letkol Inf Stevie Joan Klots, S.I.P serta Danpos AL Raja Ampat Lettu Laut Herry Setyo Purnomo dan tamu undangan. (Penta Nila J/MC. Kab.Raja Ampat)