Keluarga Maluku Raja Ampat Peringati HUT Patimura

Raja Ampat, InfoPublik – Kerukukan Keluarga Maluku Kabupaten Raja Ampat memperingati HUT ke-202 Patimura tahun 2019, yang dilaksanakan di Jl. 30, Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Rabu, (15/5/2019).

Peringatan HUT Patimura yang ditandai buka puasa dan makan bersama tersebut, dihadiri Sekda Raja Ampat Yusuf Salim, Wakapolres Kompol Anjar Purwoko SH, Sik, Wadaramil 01 Waisai Lettu Inf. Budi Santoso, sejumlah pejabat, tokoh agama, pimpinan paguyuban dan warga Maluku Raja Ampat.

Bupati Raja Ampat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda  Yusuf Salim mengatakan peringatan hari Patimura bertepatan dengan bulan suci Ramadan ini menjadi contoh membangun kerja sama yang baik antara pemeluk agama.

Karena pada peringatan ini pemuda Patimura muslim melaksanakan ibadah puasa, sedangkan yang kristen mempersiapkan menu berbuka puasa. “Ini harus menjadi contohnya bagi panguyuban lain di kabupaten Raja Ampat,” kata Yusuf Salim.

Acara yang diselengarakan ini untuk memupuk tali persaudaran seperti peribahasa, “Maluku Kita Samua Basodara,” dan juga toleransi antar umat beragama sekaligus silaturahmi ada di acara sore hari ini.

Dikatakannya, Patimura adalah pahlawan  nasional yang sangat terkenal dengan gigih mengangkat parang untuk berjuang demi Negara Indonesia.

Ia berharap kaum muda untuk bersama-sama bergandengan tangan merapatkan barisan untuk mendukung pemerintahan ini dalam pembagunan dan memberikan kontribusi positif.

“Saya berharap juga agar kekeluargaan dan kebersamaan ini tidak hanya sampai disini tetapi dilakukan tiap hari di mana anda berada,” jelasnya.

Ketua Panitia Pengurus Ikatan kekuarga se-Maluku Kabupaten Raja Ampat Rinolia E. Hethario, mengatakan peringatan HUT  Patimura ini bertujuan menjaga kerukunan antar umat beragama, dan juga mewujudkan rasa tali persaudaraan.

Peringatan HUT Patimura ini juga ditandai dengan pemberian bantuan kepada anak yatim piatu dan janda di Kota Waisai, Raja Ampat,. (M.Yusup/MC.Raja Ampat/toeb)