Bupati Raja Ampat Resmikan Grosirmart Amne Nimo jaya

Raja Ampat, InfoPublik - Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, SE meresmikan Grosirmart Koperasi Amne Nimo Jaya di Jl. Yan Mamoribo, Kompleks Pasar Rakyat, Kota Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Kamis (9/5/2019).

Peresmian koperasi hasil binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Raja Ampat dihadiri pejabat, tokoh masyarakat dan pelaku usaha di Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Bupati AFU, sapaan Abdul Faris Umlati, dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungan kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Raja Ampat dan mitranya yang memiliki inisiasi untuk membentuk koperasi yang hadir sebagai distributor untuk kebutuhan sembilan bahan pokok yang menjadi kebutuhan masyarakat Raja Ampat.

Dikatakannya kehadiran koperasi tersebut memberi dampak ekonomi dan sangat bermanfaat bagi masyarakat Raja Ampat. Fungsi itu tentunya searah dengan asas pembentukan koperasi.

“Koperasi tentunya punya asas manfaat tidak saja memberikan kemudahan dan keuntungan bagi anggotanya tetapi juga menuntut peran dan tanggung jawab bersama dalam  menggerakkan koperasi itu sendiri,” ujar AFU.

Ia berharap koperasi tersebut dikeloa secara professional sehingga kehadirannya tidak saja membawa manfaat bagi anggotanya tetapi juga memberi dampak ekonomi bagi masyarakat Raja Ampat.

Ia meminta koperasi tersebut sebagai koperasi percontohan. Dan sebagai model maka  tentunya ini harus menjadi roda utam bagi pengembangan koperasi lainnya di wilayah Raja Ampat.

“Kepada Dinas koperasi dan UKM tetapi juga pengelola agar bisa mengurus hal hal teknis dan sesuai dengan standar atau peraturan yang berlaku, sehingga kehidupan koperasi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua,” kata AFU.

AFU juga meminta hadirnya koperasi tersebut memberi iklim positif dan menjaga stabilitas ekonomi di Raja Ampat dengan menjaga kestabilan harga. Artinya, hadirnya koperasi itu tidak mematikan pelaku ekonomi lainnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi  Anme Nimo Jaya, Karim, dalam laporannya menjelaskan kehadiran koperasinya menjadi lumbung pangan keluarga dengan memberikan akses stabilitas harga pangan di Kota Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat.

“Koperasi ini dari kita untuk kita dan mengajak masyarakat melakukan penghematan pengeluaran belanja keluarga,” katanya. (Imha Alwohot/MC.Raja Ampat/toeb)

'