Kemendagri Gelar Rakornis Pemantapan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Raja Ampat

Raja Ampat, InfoPublik - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengelar rapat koordinasi teknis (Rakornis) dengan sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat.

Rakornis yang berlangsung di Aula Bupati Raja Ampat, Selasa (23/4/2019) selain memantapkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) tetapi juga sebagai trilateral meeting antara Pembinaan Aparatur Pengelolah Data Alokasi Kudus Non fisik Pelayanan Administrasi Kependudukan Tahun Anggaran 2019.

Joko Mashito, Direktur Bina Aparatur Kependudukan dan Catatan Sipil, Kemendagri menjelaskan Rakornis tersebut sebagai kesempatan konsolidasi pelayanan administrasi kependudukan se-Papua Barat agar kedepannya lebih baik.

Dijelaskannya, ada dua hal yang mendorong suksesnya pelayanan administrasi kependudukan yang mendukung penyelenggaraan pemerintahan yaitu, pertama, melaksanakan pelayanan pendata, perekam serta  melakukan input data tersebut dalam database seluruh penduduk Indonesia.

“Agar tidak ada satupun penduduk Indonesia tidak terdata. Tugas ini harus dilaksanakan secara serius walaupun kendala yang dihadapi cukup banyak,” ujarnya.

Hal kedua, adalah memberikan dokumen kependudukan secara proporsional.  Kedua hal ini katanya merupakan kewajiban negara.  Untuk itu, ia berpesan dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan ini perlu dilakukan secara maksimal bahkan jika perlu dilakukan jemput dari pintu ke pintu.

Pemerintah Kabupaten Raja Ampat selaku tuan rumah menyambut baik dilaksanakannya rakornis tersebut. Bupati Raja Ampat melalui Asisten I Setda Raja Ampat, Muhiddin Umalelen,S.Sos  berharap melalui Rakornis ini tersebut pelayanan kependudukan di Raja Ampat tetapi juga kabupaten/kota di Sorong Raya akan semakin lebih baik.

Selain dihadiri Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Papua Barat, Rakonis teknis sehari ini juga dihadiri para kepala dinas kabupaten/kota se- Sorong Raya, antara lain Kadis Dikcapil Raja Ampat, Kadis Dukcapil Kabupaten Sorong, Kota Sorong dan beberapa daerah lainnya.  (Petrus Rabu/MC Raja Ampat/Eyv)

 

'