Pemadaman Bergilir di Raja Ampat Akibat Kerusakan Mesin

Raja Ampat, InfoPublik – Pasokan energi listrik di Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat beberapa hari terakhir mengalami gangguan. Dimana sejak, Selasa (9/4/2019) pihak PT. PLN Cabang Raja Ampat memberlakukan pemadaman bergilir.

Saat dikonfirmasi Tim Media Center Raja Ampat, Jumat (12/4/2019), pihak PT.PLN Cabang Raja Ampat menjelaskan kondisi ini disebabkan beberapa mesin mengalami  kerusakan/gangguan.

“Dari sisi kap mesin satu unit C18 mengalami gangguan sistem bahan bakar dimana beban hanting akan mempengaruhi sistem yang lain,” ujar Aris Situru,  petugas Bagian Pembangkit PT.PLN Cabang Raja Ampat.

Diakuinya, akibat gangguan atau kerusakan tersebut maka pihaknya tidak bisa memaksakan beroperasi karena akan terkena hanting dan berpengaruh ke sistem yang lain. “Kita hanya bisa lakukan backup,” tambahnya.

Pada mesin lain juga mengalami gangguan serupa, dimana C18 mengalami gangguan pada elektrik dan proses pemasangan monitornya sampai saat ini dalam  pekerjaan PT. Trakindo Utama Sorong untuk secepatnya masuk sistem dan mesin komax akan koordinasi dengan pihak United Tractor Sorong untuk pekerjaan mesinnya.

PLN Waisai sendiri memiliki 8 unit mesin, yang operasi 4 unit mac, 2 unit mesin komatsu, 1 unit mesin caterpillar dan 1 unit mesin lagi untuk back up karena ada proses hanting. Mesin 2, 5 dan 6 gangguan.

Sedangkan yang dipakai 3 mesin dan 1 mesin caterpillar untuk backup. Dengan kondisi PLN yang sedang defisit maka PLN tetap berjalan dengan pemadaman bergilir sambil menunggu perbaikan mesin.

Kami dari managemen tetap upayakan secepatnya mesin masalah ini diatas. Tetapi kita tidak bisa memastikan kapan, dimana pihak PT. Trakindo Sorong dan PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di Sorong yang harus usahakan dan kami masih terus berkoordinasi.

"Atas nama managemen kami mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pelanggan karena listrik di Kabupaten Raja Ampat mengalami pemadaman. Estimasi pemadaman bergilir di Kota Waisai hingga 14 April 2019,” tambah Aris  .

Warga Kota Waisai, Raja Ampat berharap gangguan pada mesin pembangkit PT.PLN Cabang Raja Ampat ini cepat diatasi untuk mendukung semua  aktivitas masyarakat.

“Saya berharap semoga PLN bisa secepat kembali stabil,” ujar Pettu (50 tahun) salah satu warga Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, saat ditemui Jumat (12/4/2019).  (Imha Alwohit/Ptr/ MC.Raja Ampat/toeb)

 

'