Raja Ampat Ajak Masyarakat Tingkatkan Minta Baca

Raja Ampat, InfoPublik – Pemerintah Kabupaten Raja Ampat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan mengajak masyarakat meningkatkan minta baca. Ajak ini bukan tak beralasan sebab membaca memilik banyak manfaat positif bagi perkembangan manusia.

Dalam mendorong minta baca tersebut, maka Pemkab Raja Ampat terus melakukan berbagai upaya  baik berupa program maupun dikemas melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Sejak berdirinya Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan 9 tahun lalu,  kami telah melakukan berbagai upaya, contohnya lomba cerita rakyat yang setiap tahun kita gelar. Juga telah di bangun 11 Perpustakaan yang tersebar di beberapa distik di tujuannya agar seluruh lapisan masyarkat dapat membaca,” ujar Kepala Kabupaten Raja Ampat Hasan Tamima di Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, (10/4/2019).

Atas upaya-upaya ini, kata Hasan, sapaan Hasan Tamima, pada tahun 2017 lalu Bupati Raja Ampat mendapatkan penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menerima penghargaan itu di Jakarta Hotel Arya Duta.

 “Saya hadir mewakili Bupati saat itu," ujarnya. 

 

Ditengah upaya itu, dirinya tak menampik jika masih ada keterbatasan dan kekurangan dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Keterbatasan itu terkait sarana dan prasaran penunjang namun pihaknya dan seluruh jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Raja Ampat tetap bekerja keras memberikan pelayanan dengan hadirnya perpustaakaan.

 Saya berpesan kepada anak-anak sekolah dan guru-guru, mari kita bekerja sama sehingga peprpustkaan ini dapat meningkatkan minta baca. Di perpustakaan kami tersedia ribuan jenis buk antara 1500 hingga 2000 Explampar,” ujarnya.

 

Hasan juga meminta kerja sama dari dinas terkait untuk sama-sama membagun perpustakaan di kampung-kampung sebagai masyarakat dapat merasakan manfaat dari membaca. (M.Yusup/MC-Raja Ampat) '