Serahkan DPA, Bupati Raja Ampat Ingatkan Pimpinan OPD Kerja Sesuai Aturan

Waisai, MCR4 – Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) Tahun Anggaran 2019 kepada pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Kompleks Kantor Bupati Raja Ampat, Senin (21/01).  

Abdul Faris Umlati, SE atau biasa disapa , AFU dalam sambutannya mengatakan penyerahaan DPA SKPD merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting sebagai dokumen pedoman pelaksanaan anggaran OPD tahun Anggaran 2019.

Untuk itu, AFU meminta seluruh pimpinan OPD untuk bekerja sesuai aturan dan meningkatkan pengawasan internal sehingga semua program dan kegiatan yang tertuang dalam DPA SKPD Tahun Anggaran 2019 dapat dikerjakan pada waktunya dan mempercepat pengambangunan daerah.

“Saya minta pimpinan OPD untuk benar-benar proaktif melakukan mengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan pada unit kerjanya masing-masing agar tetap konsisten dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian,dan pelaporan serta penyerapan dan selesai pada waktunya,” ujar AFU.

“Selain itu saya juga kepatuhan terhadap aturan dan ketentuan hukum yang berlaku,” tambah AFU dengan tegas.

Tidak saja pimpinan OPD, Bupati AFU juga mengingatkan pengguna anggaran seperti PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), PPTK (Pejabat Pelaksana Kegiatan) dan bendahara serta panitia lelang untuk mencermati, memahami kegiatan berdasarkan ketentuan yang berlaku dan melakukan konsultasi dan koordinasi sehingga pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2019 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Saya tegaskan, jangan kalian main-main. Tahun ini merupakan tahun pesta demokrasi. Karena itu, kerjakan hal- hal ini betul-betul sesuai dengan ketentuan dan aturan main. Pahami apa yang kalian lakukan dan mengerti apa yang kalian kerjakan. Loyalitas dan didikasi harus ditunjukan dalam pertanggugjawaban anggaran serta penyerapannya,” ujar AFU.

Penyerahan DPA SKPD secara simbolis diwakili kepada beberapa pimpinan OPD ini dihadiri Wakil Bupati Raja Ampat, Manuel Piter Urbinas, S.Pi, M.SI, Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si, Pejabat Eselon II dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Raja Ampat.

Laporan: Imha Alwohit

Editor: Petrus Rabu

'