Bupati AFU Pimpin Upacara Hari Guru di Raja Ampat

Waisai, KominfoR4 - Bupati Kabupaten Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE atau biasa disapa AFU memimpin ucapara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2018  yang berlangsung di Pantai Waisai Torang Cinta, Distrik Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Senin (26/11).

Bupati AFU, saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy mengatakan walaupun teknologi informasi berkembang dengan cepat dan sumber-sumber belajar begitu muda diperoleh peran guru sebagai pendidik tidak tergantikan kemajuan teknologo tersebut. Tugas utama guru adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi setiap peserta didiknya oleh sebab itu profesi guru sangat lekat integritas dan kepribadian.

Lebih lanjut dikatakan ada tiga ciri guru profesional. Pertama, guru yang telah memenuhi kompetisi dan keahlian inti sebagai pendidik. Kedua, guru yang profesional hendaklah mampu membangun kesejawatan, dan ketiga, guru yang profesional hendaknya mampu merawat jiwa sosialnya.

" Untuk itu marilah kita jadikan Hari Guru Nasional ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa sehingga Indonesia menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas bermutu dan berkarakter serta mampu bersaing dalam kancah pergaulan global," ujar AFU saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam sambutannnya meminta kepada bapak dan ibu guru untuk memelihara dan mengembangkan jati diri serta membentuk karakter generasi penerus bangsa agar bangsa ini menjadi bangsa yang tangguh, bangsa yang mandiri, berdaya saing, dan penuh toleransi.  

“Marilah kita bergandeng tangan menunaikan tugas mulia ini, dipundak bapak dan ibu guru kami gantungkan masa depan bangsa ini,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagaimana yang dibacakan Bupati Raja Ampat.

Upacara Hari Guru Nasional di Raja Ampat ini dihadiri Wakil Bupati, Manuel Piter Urbinas, S.Pi, M.Si, Kapolres Raja Ampat, AKBP. Edy Setyanto Erning W.SIK,  Wakil Ketua DPRD Raja Ampat, Yuliana Mansawan, SE, pejabat eselon II, ASN dan insan pendidik di Raja Ampat.  

Laporan :Imha Alwohit

Editor    :Pertrus Rabu

'