Dandim Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-73 TNI di Raja Ampat

Waisai, KominfoR4 - Komandan Distrik Militer (Dandim) 1715 Raja Ampat, Letkol, Inf. Josef Paulus Kaiba memimpin upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT)  ke- 73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berlangsung di Lapangan Apel Kodim 1715 Raja Ampat, Jumat (5/10).

Letkol Inf. Josep Paulus Kaiba  mengawali pembacaan amanat Panglima TNI mengajak seluruh peserta upacara untuk berdoa bagi korban gempa dan tsunami yang melanda Kota Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong, Sulawesi Tengah , juga bagi korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.   

“TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama melaksanakan evakuasi, menyalurkarn bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap,” ujarnya

“TNI sebagai satuan yang siaga di masa damai, harus membantu  pemerintah menanggulangi bencana yang terjadi di berbagai daerah. Pada tahun 2018 ini TNI telah terlibat dalam penanggulangan bencana di berbagai daerah, seperti kejadian luar biasa gizi buruk di Asmat-Papua, letusan gunung Agung di Bali, kebakaran hutan diKalimantan dan Sumatera, gempa bumi diLombok, dan saat ini gempa bumi di Palu,” tambahnya

 Dijelaskannya apa yang dilaksanakan di lokasi bencana, baik pengerahan personel maupun alutista adalah sebagian dari bentuk profesionalisme TNI. Oleh karenanya sangat tepat apabila peringatan HUT TNI ke-73tahun 2018 ini  mengambil tema, “Profesionalisme TNI Untuk  Rakyat.”

Dikatakan Letkol Inf. Josep Paulus Kaiba , tema ini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai pendidikan, latihan, persenjataan, alutsista serta dipenuhi kesejahteraannya oleh negara, adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia.

Profesionalisme TNI diwujudkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan-kegiatan serta latihan TNI dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menegakkan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan. TNI juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda dalam misi Perserikatan Bangsa Bangsa ke berbagai negara sebagai bentuk partisipasi negara dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Josep menambahkan  Kiprah TNI dalam berbagai bentuk penugasan baik di dalam maupun luar negeri, membentuk TNI yang disegani, Sebagai alat negara, tugas TNI tidak lepas dari berbagai tantangan saat ini maupun di masa depan yang semakin kompleks.

Kepada anggota TNI ia berpesan Pertama, perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa serta luaskan hati untuk terus beribadah, karena hanya kepada-Nya lah kita berserah diri dan mendapatkan kekuatan. Kedua, pertahankan dan tingkatkan soliditas TNI serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar menjadi pemersatu dan perekat bangsa.  Ketiga, tingkatkankewaspadaan dan profesionalisme karena setiap saat tugas selalu menanti menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang dilimpahkan kepada TNI.

Upacara peringatan HUT TNI ke-73 ini dihadiri Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE,  Kapolres Raja Ampat, AKBP,  Edi Setyanto, SIK, Pimpinan dan anggota DPRD Raja Ampat, para pejabat di lingkungan pemda Raja Ampat serta sejumlah tokoh masyarakat di Raja Ampat.

Laporan   : Imha Alwohit

Editor       : Petrus Rabu

'