Kodim 1715 Raja Ampat Gelar Pengobatan Massal dan Pemberian Obat Filariasis

Waisai, KominfoR4 - Komandan Distrik Militer (Kodim) 1715 Raja Ampat menggelar pengobatan massal dan pemberian obat pencegahan filariasis (penyakit kaki gajah) yang dilaksanakan di Pantai Waisai Torang Cinta, Distrik Kota Waisai, Raja Ampat, Kamis (4/10)

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1715 Raja Ampat, Letkol, Inf.  Joseph Paulus Kaiba dalam arahannya menjelaskan kegiatan pengobatan massal dan pemberian obat filariasi tersebut merupakan sebuah kegiatan bhakti sosial Kodim 1715 Raja Ampat menyambut Hari Ulang Tahun ke 73 TNI tahun 2018, yang dirayakan setiap tanggal 05 Oktober.  Dikatakannya pelaksanaan kegiatan pengobatan massal ini juga berkat kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat.

“Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan Pemda Raja Ampat, khususnya Dinas Kesehatan. Kita berharap kedepan kita terus menjalin kerja sama yang baik dalam berbagai kegiatan pelayanan kemasyarakatan di kabupaten ini,” ujar Letkol, Inf.  Joseph Paulus Kaiba.

Lebih lanjut ia menjelaskan kesehatan menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan manusia karena tanpa tubuh dan jiwa yang sehat seseorang tak mungkin melaksanakan berbagai kegiatan. Karena itu dikatakannya kesehatan itu penting dan menjadi hal utama dalam menunjang pembangunan daerah, menjaga pertahanan dan keamanan dan berbagai aktivitas lainnya.

“Saya ingin sampaikan kepada kita semua bahwa kesehatan itu penting. Kita bisa bekerja kalau kita sehat, dan sebaliknya kita tikda bisa lakukan apapun kalau kita sakit. Itulah yang membuat saya selalu berolahraga untuk menjaga kesehatan. Kesehatan itu mahal. Jaga itu kesehatan, sebab tidak suku cadang atau spare part dari tubuh kita yang dijual di toko, kalau sakit yah jalan keluarnya berobat,” ujarnya dihadapan ratusan peserta yang mengikuti pengobatan massal.

Lebih lanjut, Letkol, Inf.  Joseph Paulus Kaiba menjelaskan pemberian obat filariasis ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mencegah dan mengelimir penyakit kaki gajah. “Secara nasional bulan ini dicanangkan sebagai bulan pencegahan kaki gajah, karena itu menyambut Hut TNI kita lakukan kegiatan pengobatan massal ini,” tambahnya.

Bupati Raja Ampat yang diwakili Asisten I Setda Raja Ampat, Lasiman, S.Sos, M.Hum memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kodim 1715 Raja Ampat yang turut berpartisipasi dalam kegiatan pengobatan pencegahan penyakit kaki gajah (filariasis) di Raja Ampat.

Lasiman juga meminta peserta agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatan baik diri sendiri, keluarga maupun lingkungan sekitar. “Saya berharap kita semua untuk selalu jaga kesehatan agar kita terhindari dari jentik-jentik yang menyebabkan terkena penyakit kaki gajah,” ujar Lasiman.

Kegiatan pengobatan massal pencegahan penyakit kaki gajah ini dihadiri ratusan siswa/siswa SD, SMP dan SMA di Waisai-ibukota Kabupaten Raja Ampat, juga beberapa pegawai dan masyarakat umumnya. (Petrus Rabu/MC Raja Ampat)

'