Pemprov Papua Barat Bina Satgas Pengawas  Koperasi

Waisai, KominfoR4-Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar Bimbingan Teknis Bagi Satuan Tugas Pengawasan (Satgas) Koperasi se-Provinsi Papua Barat di salah satu hotel di Kota Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat, Rabu (5/9).

Bimtek ini dihadiri 28 Anggota Satgas Pengawasan Koperasi kabupten/kota di Pemerintahan Provinsi Papua Barat dengan melibatkan narasumber dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia yang diwakili Sekertaris Deputi Bidang Pengawasan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Daniel Asnur S.Kom serta sejumlah pejabat lainnya.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan melalui Asisten  III Sekretaris Daerah Provinsi Papua Barat, Raymond Richard Hendrik Yap, SE, MTP menjelaskan Satgas Pengawasan Koperasi memiliki tugas dan pengabdian yang mulia untuk mambangun dan memajukan perekinomian rakyat di Provinsi Papua Barat,  khusunya dalam upaya mewujudkan kemandirian koperasi yang berkualitas.

Dijelaskannya Satgas Pengawas Koperasi merupakan alat pelengkapan dalam koperasi dan memegang peranan menentukan kesahatan jalannya usaha yang dikelola oleh pengurus koperasi-koperasi yang ada.

“Peran penting pengawasan koperasi karena fungsi pengawas merupakan tindakan terhadap proses kegiatan untuk mengetahui hasil pelaksanaan, usaha, kegagalan kemudian dilakukan perbaikan dan mencegah terulangnya kembali kesalahan tersebut,” ujar Raymond Richard Hendrik Yap.

"Maksud dan tujuan penyelengaraan bimtek Bagi satuan tugas pengawas Koperasi Khususnya bagi pembina Koperasi dari 13 Kabupaten Kota di provinsi Papua Barat ini guna untuk meningkatkan kopetensi pengawasan koperasi dalam pengawasan koperasi yang ada di Porvinsi Papua Barat,”tambahnya

Ia berharap pembina koperasi dapat meningkatkan pengawasan terhadap koperasi secara baik, benar agar nantinya koperasi di Papua Barat dapat menjalankan usahanya sesuai peraturan dan perundang-undangan sehingga menjadi koperasi yang sehat, mandiri dan berdaya saing.

"Adapun harapan melalui kegiatan bimbingan teknis bagi Satuan Tugas Pengawasan Koperasi agar melaksankan fungsi pengawas secara baik sesuai dengan peran dan tugasnya, mudah-mudahan koperasi semakin maju sehingga tercapai tujuan mulia koperasi guna mensejahterakan anggotanya,” tandasnya.

Pembukaan Bimtek ini selain dihadiri pejabat Kementerian Koperasi dan UKM tetapi juga dihadiri pejabat di Lingkungan Pemda Raja Ampat serta Satgas Pengawasan Koperasi dari 13 kabupaten/kota se-Papua Barat.

Laporan. Imha Alawohit

Editor.    Petrus Rabu

'