DPRD Raja Ampat Sahkan LKPJ 

Bupati TA 2017

 

Waisai_KominfoR4,  Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Raja Ampat menutup dengan resmi sidang paripurna dalam rangka pengesahan Materi Laporan Keterangan PertanggungJawaban (LKPJ) Bupati  Raja Ampat tahun Anggaran 2017 yang berlangsung di ruang rapat DPRD Raja Ampat, Kamis, 05 Juli 2018.

Pengesahan materi LKPJ Bupati ini dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Raja Ampat, Bupati Raja Ampat, Unsur Muspida Raja Ampat, Kapolres Raja Ampat, Danposal Raja Ampat, Danramil 1704 Waisai, Sekda Raja Ampat serta seluruh pimpinan SKPD, pimpinan BUMN,BUMD Kabupaten Raja Ampat,  0rganisasi Pilitik, Tokoh Pemuda, dan Toko Agama.

Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati, SE dalam pidatonya  mengatakan LKPJ Bupati merupakan tanggung jawab dan kewajiban saya selaku Bupati Raja Ampat untuk menyampaikan Laporan Keterangan Ketrangan Pertanggung jawaban Tahun Anggaran 2017, sebagaiman diamanat dalam Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang pemrerintahn daerah.

“Disamping itu penyusulan LKPJ juga telah mengacuh kepada peraturan pemerintah no 3 tahun 2007 tentang laporan penyelenggaran pemerintah daerah (LPPD) kepalada daearah kepada DPRD dan informasi LPPD kepada masyarakat,” tambah Abdul Faris Umlati, SE.

Abdul Faris Umlati, SE atau biasa disapaa AFU juga mengatakan LKPJ tahun anggaran 2017 merupakan laporan penyelenggaaran pemerintah dan pembangunan daerah selamah 1 tahun anggaran unruk disampaikan kepada DPRD.

“LKPJ ini sebagai salah satu media dalam upaya memelihara dan mengutkan hubungan check and balance antara kepala daerah dan DPRD,” kata AFU.

“LKPJ juga merupakan salah satu bahan bagi DPRD untuk melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemerintah Daerah Raja Ampat tahun 2017, dimana rekomendasi dari hasil evaluasi DPRD tersebut diharapkan menjadi masukan dan pertimbangan daerah Kabupaten Raja Ampat untuk melaksanakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Raja Ampat.

Terkait pandangan  fraksi-fraksi yang bergulir dalam sidang tersebut, AFU juga  akan ditindaklanjuti dengan waktu yang singkat dan tegas dalan hal melihat dari hak-hal dasar masyarakat yang terkait kebutuhan masyarakat.

"Saya juga sebagai bupati mengucap terima kasih telah di beri tanggapan dan saran dari barbagai fraksii pas pada saasarannya dan akan ingat sebagai catatan  . Dan komitmen kami bahwa mari kita membangun Raja Ampat ini bersama-sama tanpa ada kebersamaan satu hal yang kita rencanakan pasti tidak akan dapat terlaksanakan dengan baik,” kata AFU.     

"Saya juga menyadari sepenuhnya bahwa apapun hasil yang telah kita capai pada periode tahun 2017, tentunya tidak lepas dari kerja sama yang baik antara eksekitif dan legeslatif. oleh karena itu koreksi, saran, pendpat dan masukan bhahkan kritik yang telah disampaikan dewan telah dijadikan bagian dari motivasi dalam upaya meningkatkan kinerja pemerintah daerah," ujar AFU mengakhiri pidatonya.

Laporan: Imha Alwohit

Editor: Petrus Rabu

 

 

 

 

'