TP PKK Dan Dinas PPPA-KB Sosialiasi Peningkatan Kapasitas Perempuan Raja Ampat 

Waisai_Kominfo Raja Ampat, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (PPPA-KB)Kabupaten Raja Ampat terus melakukan peningkatan keterampilan dan kapasitas perempuan Raja Ampat dari Kampung, Distrik hingga Kabupaten. Upaya peningkatan kapasitas perempuan itu dilakukan dalam berbagai bentuk dan program. Salahnya satunya sosialisasi untuk memberikan pemahaman dasar terkait peran dan partisipasi perempuan dalam pembangunan, tidak saja pada skala kabupaten tetapi juga di distrik dan kampung. 

Belum lama ini, tepatnya 25 Mei 2018, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB Kabupaten Raja Ampat menggelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Perempuan Raja Ampat yang berlangsung di Kabare, Distrik Waigeo Utara. 

Ketua Panitia, Lowisa Burdam, SE, Msi dalam laporannya menjelaskan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Perempuan Raja Ampat yang dilaksanakan di Distrik Waigeo Utaa ini dibiayai melalui DPA Dinas Pemberdayaan Pemberdayaan Perempuan, KB dan Perlindungan Anak Kabupaten Raja Ampat.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengembagan Sumber Daya Manusia Perempuan di Kabupaten Raja Ampat. Dengan adanya pelatihan ini maka ibu-ibu di Distrik Waigeo Utara dapat meningkatkan pengembangan dengan mengikuti kegiatan hari ini yang berupa sosialisasi dan pelatihan,” harap Lowisa.  

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Raja Ampat, Fauzia Helga Tampubolon Umlati mengatakan bahwa tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak terus meningkat saat ini dan terjadi dimana-mana. Oleh karena itu, ia meminta kepada ibu-ibu dan perempuan Raja Ampat agar terus waspada dan meningkatkan kapasitas guna menghindari kejahatan dan kekerasan dalam rumah tangga. 

"Saya mengajak kita semua saling menghormati, saling menghargai, saling menjaga, saling mengasihi, pasti dunia ini akan indah dan damai," ujar Fauzia Helga Tampubolon Umlati dihadapan peserta sosialisasi. 

Selain membuka dan memberikan materi pada kegiatan tersebut, Ketua Tim Pengerak PKK juga bingkisan dan hadiah kepada anak-anak di Kabare-Distrik Waigeo Utara Raja Ampat. Hadiah itu sebagai wujud kepedulian bagi perkembangan anak-anak di Waigo Utara. 

Kegiatan sosialisasi ini disambut baik oleh pemerintah distrik. Kepala Distrik Waigeo Utara memberikan apresiasi atas kehadiran Ketua TP PKK dan rombongan dan  meminta ibu-ibu agar memahami materi kegiatan sosialisai dengan baik dan mampu diaplikasikan dalam dalam kehidupan berumah tangga. 

Sosialisasi ini dihadiri Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Raja Ampat,  Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan beserta Staff dan Anggota PKK Distrik Wageo Utara, Kepala Distrik Waigeo Utara serta ibu-ibu se-Distrik Waigeo Utara-Raja Ampat.

By. Imha Alawohit

Edit: Petrus Rabu

 

'