Bupati Raja Ampat Lantik Ratusan Pejabat Admistrator dan Pengawas

 "Jabatan itu anugerah. Jabatan itu hadiah. Jangan sia-siakan jabatan yang dibebankan dipundak saudara," ujar Bupati Abdul Faris Umlati, SE

 Bupati Kabupaten Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE melantik ratusan pejabat administrator dan pengawas yang belangsung di Gedung Pari Convention Center , Selasa 15 Mei 2018 .

Para Pejabat Administrator dan pengawasan tersebut merupakan pejabat Eselon III dan IV baik di Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) maupun para pejabat di tingkat distrik dan kelurahan.

Abdul Faris Umlati, SE dalam sambutannya mengatakan jabatan itu merupakan sebuah anugerah yang harus dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, Bupati AFU sapaan Abdul Faris Umlati meminta agar semua pejabat di Lingkungan Pemda Raja Ampat tidak menyia-nyiakan dan menyalahgunakan jabatan. “Pelantikan ini adalah anugerah. Tetapi juga merupakan suatu tanggungjawab. Karena saudara-saudara yang dilantik ini jangan menyia-yiakan jabatan yang dibebankan dipundak saudara,” ujar Abdul Faris Umlati ketika mengawali sambutannya.

Lebih lanjut AFU menjelaskan pelantikan pejabat merupakan hal yang normatif dalam birokrasi pemerintahan. Selain bertujuan penyegaran tetapi juga untuk mengisi jabatan yang masih kosong pada Satuan Kerja atau Unit Kerja di Lingkungan Pemda Raja Ampat baik pada tingkat OPD, Distrik maupun Kelurahan. Ia berharap dengan adanya pelantikan itu maka roda pemerintahan akan berjalan dengan baik dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Bupati AFU juga menegaskan bahwa proses seleksi dan pengangkatan para pejabat eselen III dan IV tidak saja berdasarkan penilaian prestasi kerja tetapi juga setelah mendapat masukan dari para pimpinan OPD di Raja Ampat. “Saudara-saudara yang terpilih dan dilantik ini hampir 70 % nya berdasarkan usulan dari OPD sisanya berdasarkan kewenangan dan penilaian saya sebagai Bupati,” ujar AFU.

Bupati AFU juga meminta agar pimpinan SKPD atau OPD terus melakukan evaluasi terhadap kinerja pejabat eselon III dan IV yang dipimpinannya. “Saya minta kepala OPD untuk terus mengevaluasi kinerja jajarannya. Nanti dalam tiga bulan kedepan saya minta untuk memberikan penilaian ataupun evaluasi, sehingga kita bisa tahu mana yang benar-benar mau bekerja daan mana yang tidak mau bekerja. Dan bila perlu kita melakukan pergantian,” ujar AFU.

AFU berharap agar pejabat yang dilantikan tersebut untuk “siap” melaksanakan tugas dan amanat sesuai dengan tugas dan fungsi pokok organisasinya.

“Saudara saya minta untuk selalu siap dan loyal dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepada saudara-saudara,” ujarnya.

Pelantikan itu ditandai dengan sumpah janji jabatan dan penandatangan berita acara yang disaksikan tokoh agama dan rohaniawan. By. Petrus Rabu

'