Pemda Raja Ampat Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pariwisata

Waisai, Kominfo Raja Ampat_Sektor pariwisata merupakan salah sektor unggulan dan merupakan leading sektor bagi pembangunan Raja Ampat. Untuk mempercepat perkembangan sektor pariwisata maka pemda Raja Ampat akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui  kementerian terkait untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata di Raja Ampat.

Bahkan terkait percepatan pembangunan Pariwisata di Raja Ampat, Pemda dalam hal ini Bupati Raja Ampat telah melakukan pembicaraan empat mata dengan presiden Joko Widodo terkait percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata Raja Ampat.

 “Kita sudah mencoba bicara kemarin dengan Pak Jokowi tentang Inpres (Instruktur Presiden) yang dimana percepatan pariwisata yang terintegrasi infrastruktur,” ujar Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati pada peringatan HUT ke-15 Kabupaten Raja Ampat yang dilaksanakan di Pantai Waisai Torang Cinta, Rabu, 09 Mei 2018.

AFU menjelaskan jika Inpres ini maka ini sangat menguntungkan Raja Ampat dari satu regulasi khususnya untuk percepatan pariwisata sebagai leading sector.

AFU juga menjelaskan telah melakukan koordinasi dengan BAPPENAS dan Kementrans untuk mengagendakan bertemu dengan presiden terkait penataan dan pecepatan pembangunan Raja Ampat.

"Kita sudah ketemu dengan Bapernas nanti semua kementrans bertemu dengan Pak Jokowi dan presentase Apa Raja Ampat ini dari segi Pariwisata seperti apa Integrasinya lalu mungkin Pak Presiden mengeluarkan Inpres terkait percepat pembangunan infrastruktur pariwisata di Raja Ampat,” ujarnya.

Selain masalah infrastruktur, Bupati AFU juga menyadari bahwa energi listrik masih menjadi kendala dalam pembangunan pariwisata di Raja Ampat. “Pasokan energi listrik juga penting.  Kita harus menyadari juga bahwa terkait dengan proses dari pada keberlangsungan itu tergantung pada BBM juga, karena hampir semua Home Stay atau Resort masih mengunakan Generator dan Spetboad masing-masing. Jadi pasti butuh biaya,” ujar AFU.

Namun saat ini telah adanya rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga gas di Waisai Raja Ampat,  sedang untuk energi listrik di kampung-kampung pemda Raja Ampat bekerjsama dengan PLN.

“Khususnya yang paling kita target adalah kampung-kampung yang memiliki potensi pariwisata,” ujar AFU, sapaan Abdul Faris Umlati, SE.

"Jadi berharap dengan itu kita  bisa mengurangi pajak dari harga harian yang ada di Kabupaten ini.

"AFU juga menyatakan kita harus maklum pembiyaan ke Raja Ampat  itu sangat mahal, satu yang  paling terpenting adalah memang Raja Ampat itu mahal. Karena Raja Ampat ekslusif dan luar biasa,” ujar AFU.  

Laporan : Imha Alawohit

Editor: Petrus Rabu

'