Peringati HUT ke-68, Satpol PP Diminta Bantu Kepala Daerah Jaga Ketertiban Umum


Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP dan Linmas) Senin, 05 Maret 2018 memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68. Peringatan ini diselenggaran disemua daerah di Indonesia.  

Di Raja Ampat-Provinsi Papua peringatan HUT ke-68 Satpol PP dan Linmas ini diadakan dalam upacara yang digelar dihalaman kantor Bupati Raja Ampat. Sejumlah pejabat baik pejabat di Lingkungan Pemda Raja Ampat, maupun dari unsur TNI/Polri menghadiri upacara tersebut.

Sekda Raja Ampat, Dr. Yusuf Salim, M.Si saat membacakan sambutan meminta seluruh Satpol PP dan Satuan Linmas di Raja Ampat untuk terus berkarya dan membantuk kepala daerah dalam menegakan peraturan dan perundangan serta menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Yusuf Salim menjelaskan diketahui bersama bahwa ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib pemerintah daerah. Artinya, kata Yusuf, kepala daerah memiliki peran penting dalam penyelenggaran ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat melalui penegakan peraturan daerah dan perlingungan masyarakat.

“Dalam misi strategisnya, Satpol PP dan Satuan Linmas  membantu kepala daerah dalam menjaga ketertiban umum, dan penegakan perda dan peraturan perundang-undangan yang ada,” tambah Dr. Yusuf Salim, M.Si

 “Dan bukan sebaliknya, bahkan anggota Satpol PP menjadi parasit ditengah masyarakat. Satpol PP  itu dibentuk sebagai bagian perangkat daerah dan diharapkan menjadi perekat dalam pemerintahan daerah,”  tambah Dr. Yusuf Salim, M.Si dengan tegas.

Yusuf Salim berharap melalui peringatan ini Satpol PP dan Linmas terus meningkatkan kualitas dedikasi dan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah sehingga dapat menjadi abdi yang profesional, kompotent dan berintegrasi tinggi agar dapat menunjang tugas pokok dan fungsi operasionalnya.

Tema peringatan HUT Satpol PP dan Satuan Linmas ke-68 Tahun 2018 adalah, “ Dengan Semangat HUT ke-68 Satpol PP dan Satuan Linmas kita wujudkan Satpol PP yang humanis, dedikasi dan tegas.” 

“Tema ini mau menegaskan kembali bahwa Tupoksi Satpol PP dan Linmas serta menjadi cerminan untuk melakukan sebuah perubahan atau revolusi,” tambah Yusuf Salim.

 

Laporan: Imha Alwohit

Editor: Petrus Rabu

'