Waisai _ Dinas Kebersihan dan Pertamanan Raja Ampat yang terbentuk sekitar Bulan Maret 2017 lewat perbup No. 01 tahun 2017 mempunyai komitmen yang besar mewujudkan Kota waisai sebagai kota yang bersih, indah dan asri.

 

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Raja Ampat DR. Yosep. H. W. Mirino, M. Ec. Dev saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Yosep sapaan akrab DR. Yosep. H. W. Mirino, M. Ec. Dev menjelaskan  dengan jumlah personel kebersihan kurang lebih 60 orang dan ditunjang 4 buah mobil operasional  diharapkan bisa menjangkau semua areal wilayah di Kota Waisai sehingga Waisai sebagai Pusat Pemerintahan dan pintu masuk wisata Raja Ampat ini benar-benar besih dan indah.

“Kita memiliki kurang lebih 60 personil kebersihan dan ditunjang dengan 4 mobil operasional yang akan berpindah dari satu titik ke titik yang di dalam Kota Waisai ini, sehingga Waisai ini selalu bersih,” terang Yosep.

“Memang sebagai dinas yang baru, tentunya kami juga banyak kendala yang dihadapi diantaranya sarana dan prasaran kebersihan tetapi hal ini tidak mengurangi tekadnya dalam mewujudkan Kota Waisai yang bersih, indah dan asri,” tambahnya.

Lebih lanjut Yosep Mirino menjelaskan untuk memperkuat komitmen menjaga kebersihan dan keindahan Kota Waisai, Dinas Kebersihana dan Pertamana Kabupaten Raja Ampat  akan melakukan kerjasama dengan lembaga Perguruan Tinggi dalam hal ini Universitas Gajah Mada ( UGM ) melalui Program KKN UGM yang direncanakan pada Bulan Juni 2017.

Dengan mengusung tema, “Pengelolaan Sampah berbasis Kampung“, kegiatan KKN Mahasiwa UGM ini akan ditujukan pada Kampung – kampung Wisata yang ada di Seluruh Kabupaten Raja Ampat. “Diharapkan dengan program ini warga kampung juga dapat belajar bagaimana cara pengelolaan sampah yang ada terutama sampah plastic,” jelas Yosep Mirino.

Selain bekerja sama dengan Perguruan Tinggi, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Raja Ampat juga mengandeng pihak ketiga dalam hal ini Badan Usaha Milik Daerah Raja Ampat Enterprice (BUMD RAE) untuk menjaga kebersihan dan Keindahan Kota Waisai.

Terkait masalah sampah, Yosep menghimbau kepada semua warga Kota Waisai dan Pelaku Usaha agar membuang sampah di tempat – tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah dengan waktu yang telah ditentukan. ( MC Kominfo R4 / Agus. W )

 

'